Wajib Belajar dan Program GOTA SIMPATI

Wajib belajar merupakan salah satu program yang gencar digalakkan oleh Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani akan memberlakukan program wajib belajar 12 tahun mulai Juni 2015 mendatang. Program ini akan mewajibkan setiap warga negara Indonesia untuk bersekolah selama 12 tahun pada pendidikan dasar dan menengah, yaitu dari tingkat kelas 1 Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga kelas 12 Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
Landasan pokok keberadaan sistem pendidikan nasional adalah UUD 45 Bab XIII, Pasal 31, ayat (1) Yang menyatakan bahwa: Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran.
Salah satu tujuan bangsa Indonesia, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan pendidikan menjadi sarana untuk mencapai tujuan tersebut.Akan tetapi 70 tahun lebih berlalu, tujuan mulia tersebut agaknya semakin jauh panggang dari api. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai tolok ukur keberhasilan pendidikan belum mampu memberikan angka yang menggembirakan, tertinggal jauh dibandingkan negara-negara lain di dunia.
Sistem pendidikan kita seolah terjebak pada pusaran yang sama selama berpuluh tahun salahsatunya tentang mahalnya pendidikan. Diakui ataupun tidak biaya pendidikan di Negara kita ini masihlah sangat amat tinggi, sekolah-sekolah negeri yang seyogyanya disediakan untuk anak-anak belajar dengan gratis tidak mampu menampung anak-anak yang mendaftar. Hingga pada akhirnya banyak anak-anak yang pindah ke sekolah swasta yang tentunya dengan harga yang lebih wah.
Lalu bagaimana nasib anak-anak yang kurang mampu dalam ekonomi keluarganya…? Atau lebih jauh lagi bagaimana dengan pendidikan anak-anak yatim dan dhuafa…?
( Anda bias menyimpulkan sendiri…)

Calon Anak Asuh GOTA SIMPATI
PERTANYAANNYA, ADAKAH YANG BISA KITA LAKUKAN UNTUK MEMBANTU MEREKA…?
Tentu saja ada salahsatunya yaitu menjadi Orang Tua Asuh
Apa itu Orang Tua Asuh…? Merupakan anggota masyarakat, baik perseorangan, berkelompok, organisasi, perusahaan/korporasi yang memberikan bantuan pendidikan untuk membantu anak-anak asuh melalui GOTA SIMPATI dengan permintaan khusus (alamat sekolah, kelas, daerah, serta hal hal yang lebih spesifik).

Salah satu Orang Tua Asuh di dalam Program GOTA SIMPATI
Apa itu GOTA SIMPATI…? Merupakan Gerakan Orang Tua Asuh Simpanan Anak Yatim Mandiri, yang digulirkan oleh Yayasan Dulur Salembur dalam rangka menjembatani dan meningkatkan mutu pendidikan anak-anak di Indonesia.
Landasan GOTA SIMPATI
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar. Qs. An nisaa : 9
VISI Mewujudkan Mimpi Anak Yatim Indonesia sebagai Generasi Bangsa yang Berpendidikan, Kuat dan Mandiri.
MOTTO Mendidik untuk Semesta, Mewujudkan Mimpi Semata

Gota Simpati dan generasi Prestasi
Bagaimana Caranya mendaftarkan dalam GOTA SIMPATI di yayasan Dulur Salembur (YDS)..?
Calon Orangtua Asuh memilih nama anak yang akan dibantu dari daftar GOTA SIMPATI. Kemudian orangtua asuh mengirimkan beasiswa ke rekening Mandiri No. 166-0000-4122-54 a.n : yayasan dulur salembur (bisa bulanan, 3 bulan, 6 bulan, atau per tahun). Untuk transfer beasiswa mohon di kirim konfirmasi ke No. 0878 8180 9611 ( WA / SMS )
Selanjutnya, setiap bulan penanggungjawab GOTA SIMPATI membayarkan uang sekolah (SPP), keperluan buku dan baju seragam serta biaya lainnya yang diajukan oleh pihak sekolah ke murid.
Laporan perkembangan/hasil belajar anak asuh berupa raport akan dikirimkan setiap semester ke orangtua asuh.
Selain cara diatas, Anda juga dapat membantu anak asuh dengan cara :
· Donasi Langsung ( Tanpa Mendaftar Sebagai Donatur Tetap )
· Silakan transfer donasi ke rekening berikut :
Bank MANDIRI
No. Rek. 166-0000-4122-54
Atas nama : yayasan dulur salembur
============================================
Orang Tua Asuh,Wajib Belajar,Putus Sekolah,Wajib Belajar 12 Tahun,Pendidikan,Beasiswa,Sekolah Gratis,Wajib Belajar 9 tahun,Bimbingan Belajar,Motivasi Belajar,yds,Yayasan Dulur Salembur
=============================================